AKSI BERGIZI 2024

Aksi Bergizi adalah sebuah gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah tentang pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah (TTD), makan makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membudayakan kebiasaan sehat bagi siswa. Adanya kegiatan aksi bergizi ini diharapkan dapat menurunkan resiko stunting. Stunting adalah gangguan pertumbuhan pada anak yang diakibatkan oleh kekurangan gizi kronis. 
Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi lebih pendek dari standar usianya dan mengalami gangguan pertumbuhan. Stunting dapat berdampak negatif pada anak, seperti: 
  1. Kecerdasan di bawah rata-rata 
  2. Prestasi belajar yang tidak maksimal 
  3. Sistem imun yang lemah, sehingga anak mudah sakit 
Stunting dapat dicegah sejak usia remaja. Remaja putri dapat melakukan pencegahan dengan: 
  1. Mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD) sebanyak 1 tablet per minggu 
  2. Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari 
  3. Menerapkan pola makan sesuai pedoman gizi seimbang 
Sejak tanggal 12 Agustus 2024 UPT Puskesmas Noyontaan telah melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi di sekolah jenjang SMP/Sederajad, SMA/Sederajad hingga Pondok Pesantren yang ada di wilayah Noyontaansari. Kegiatan Aksi Bergizi yang dilakukan mencakup senam sehat bersama, sarapan bergizi, minum tablet tambah darah (TDD) bersama, edukasi hingga skrining kesehatan oleh tenaga medis dan paramedis dari UPT Puskesmas Noyontaan. Kegiatan ini direncanakan berlangsung hingga tanggal 12 September 2024 mendatang.

  
Lihat keseruan kegiatan aksi bergizi bersama UPT Puskesmas Noyontaan di Instagram Kami :
Aksi Bergizi 2024