GERAKAN BUMIL SEHAT BERSAMA PUSKESMAS NOYONTAAN

Dalam rangka menurunkan angka stunting pada balita dan Angka Kematian Ibu Hamil (AKI), tepat pada Hari Ibu yang diperingati pada tanggal 22 Desember, UPT Puskesmas Noyontaan melaksanakan Deklarasi Gerakan Bumil Sehat melalui kampanye #BumilSehat.
Kegiatan tersebut didalamnya terdapat kegiatan penyampaian deklarasi oleh ibu hamil, makan makanan dengan gizi seimbang dan sekaligus minum tablet tambah darah. Isi Deklarasi Gerakan Bumil Sehat di Puskesmas Noyontaan:
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan sedikitnya 6 kali selama masa kehamilan dan 2 kali diantaranya melakukan pemeriksaan USG dengan dokter
  • Meminum tablet tambah darah
  • Mengikuti kelas ibu hamil
  • Melahirkan di Fasilitas Kesehatan
Selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) secara rutin. Ibu hamil juga diharapkan melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali selama kehamilan dan 2 kali pemeriksaan oleh dokter Obstetri dan Ginekologi pada trimester I dan III. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin serta mengetahui sejak dini adanya komplikasi yang mungkin terjadi saat kehamilan.
Terselenggaranya kegiatan Deklarasi Gerakan Bumil Sehat diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan pemeriksaan ibu hamil secara rutin agar persalinan ibu lancar serta bayi lahir sehat dan selamat.
Yuk, bersama dukung ibu hamil lebih sehat dan bahagia.